Wednesday, January 25, 2006

Aneka masakan dan hidangan

Puyunghay

Ingredients:
75 gram daging kepiting
50 gram rebung dipotong seperti batang korek api atau 3 lembar sawi
putih di iris halus spt batang korek api.
1 btr bawang bombay, iris halus panjang
2 batang daun prei diiris halus
1 siung bw. putih di haluskan
5 butir telur
Garam dan lada halus sesuai selera
1 sdt minyak goreng
2 1/2 sdt tepung terigu.

Bahan Saus:
1 siung bawang putih dimemarkan
50 cc air
5 sendok makan saus tomat
1 sendok teh tepung sagu/maizena dicairkan
2 sdm kacang polong kalengan, atau 1/2 buah wortel di potong korek api.
garam, gula pasir

Directions:
1. Tumis bawang putih hingga menguning dengan 1 sdm minyak goreng
2. Masukkan daging kepiting, rebung serta garam, lada halus dan daun
prei. (kalau pakai sawi putih, jangan ikut di tumis)
3. Bagi 5 bagian. Bagi juga bawang bombay iris menjadi 5 bagian.
4. Campur 1 bagian daging dan 1 bagian bawang bombay, 1/2 sdt terigu
dan 1 butir telur. Kocok dengan garpu hingga tercapur.
5. Dadar sampai matang. sisihkan. Lanjutkan mendadar sisa bahan.
Saat mendadar, cukup 1 kali membalik saja.

Membuat saus:
1. Tumis bawang putih
2. Masukkan air dan saus tomat, kacang polong/wortel iris
3. Tambahkan garam, gula, lada dan cuka bila ingin rasa lebih tajam.
masak sampai wortel matang.
4. Kentalkan dengan cairan tepung sagu/maizena.

Utk 5 orang




Ini resep yang pernah aku pake untuk iga sapi

GARANG ASAM IGA SAPI

Bahan:
1/2 kg ulang iga potong2 kecil
1500ml air untuk merebus
2 sdm minyak sayur
4 sdm air asam kental (nggak pakai aku ganti tomat hijau 10buah
potong2)
1 sdm kecap manis
2 lbr daun salam
3 bh cabe hijau besar, dipotong2
10 bh cabe rawit biarkan utuh
100gr buah tomat, buang isi potong dadu

Bumbu dihaluskan:
3 btr kemiri
1 sdm irisan bawang merah
1 sdm irisan bawang putih
1 sdm irisan laos
1 sdt terasi
1-1/2 sdt garam

cara:
1.tulang iga direbus sampai air tinggal 500ml or sampe empuk
2. tumis bumbu yg sudah dihaluskan, tambahkan air asam, kecap manis,
daun salam & merica, lalu masukkan ke dalam air rebusan iga,
tambahkan cabe hijau, cabe rawit & tomat, masak hingga matang &
masih berkuah, angkat.
3. Hidangkan



Resep Roti Jala

1/2 kg terigu
4 cup air
3 btr telur
2 sdm makan minyak
2 sdm makan mentega (dicairkan)
garam secukupnya.

Kalo kekentalan, tambahin airnya sedikit2.

Cara bikin jala, masukan adonan ke plastik segitiga utk cake decor.
Puter2 diatas pan sampai berbentuk jala.
Trus, lipat spt bikin risol.

Gampang kan...
Hampir spt bikin adonan dadar...


KARI AYAM/DAGING (1 kg)

Bahan:
1 btr kelapa
Cabe giling, 6 siung bawang merah
3 siung bawang putih, jahe seruas jari
1 sdm jintan putih
1 sdt kunyit (1 jari)/kunyit bubuk
Cabe kering, 2 bh kapulaga
1 bh bunga lawang/peka
2 bh jintan manis, pala
Kayu manis, 3 btr cengkeh
5 lbr daun jeruk, daun kunyit

Bumbu2 dihaluskan, kemudian ditumis hingga harum.
Masukkan daging/ayam, masak dengan santan encer. Terakhir masukkan santan kental.

ACAR
Timun dibuang biji, dipotong2 dadu
Wortel, dipotong dadu
Bawang Bombay, iris sesuai selera (kemarin dipotong dadu)---> bisa pake bwg merah
cabai rawit

Aduk semua dgn gula dan garam. Siram dgn air panas secukupnya.
Kalau mau pakai cuka, silahkan.
Keluarga sy ga' suka pakai cuka (begitu juga utk bikin kuah empek2) krn bisa bikin gigi rusak.





RESEP DASAR BAKSO SAPI
Bahan :
300 gr daging sapi segar ( saya pake paha sapi 500 gr )
½ sdt garam ( 2 1/4 sdt garam )
2 siung bawang putih, cincang halus ( saya pake 4 siung bawang putih
di
ulek halus )
½ sdt merica bubuk
1-2 sdm tepung kanji ( saya pakai tepung sagu cap tani 5 sdm )
1 putih telur ( saya pake 2 putih telur )

1. Cincang atau giling daging sampai halus, campur bersama
garam,
aduk
( saya potong kecil2 daging, masukan ke dalam chopper tapi
tidak
lama karena ternyata ngga bisa halus, kemudian di cincang pakai
pisau,
masukan ke dalam baskom yang berisi beberapa potong es batu yg
udah di
haluskan aduk terus, kemudian masukan garam aduk )
2. Uleni sampai adonan lembut dan bisa dipulung (kurleb 30
menit).
Lalu masukkan bawang putih dan merica
( uleni sambil di banting-banting dikit biar kenyal, kemarin
karena udah cape cincang daging, jadi tidak terlalu lembut seperti
bakso halus, tapi malah jadinya seperti bakso urat :-))
3. Setelah adonan rata, masukkan tepung dan putih telur, aduk
sampai tercampur
4. Bentuk adonan menjadi bulatan menggunakan 2 sendok. Rebus
dalam
air mendidih hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan
( bentuk adonan kemudian masukan ke dalam baskom yang berisi
air
es dan es batu, menurut teman kantor saya ini rahasianya biar
bakso
nya kenyal, kemudian di rebus hingga bakso mengapung kemudian
masukan
lagi ke dalam air es)
Note : kalau tidak mau ribet beli aja daging cincang nya, jadi
bakso
halus deh:))



Tahu Seafood

Sapo Tahu, yang dimasak langsung di mangkuk sapo, yang
menyimpan panas lebihawet ketimbang mangkuk biasa, bisa dikombinasikan dengan daging ayam atau aneka seafood. Tahu pun bisa pilih Egg Tofu atau tahu
cina, sama2 enak.

bahan:
2 bungkus egg tofu, potong 2 cm, goreng dengan minyak banyak dan panas sampai setengah kering
50 gr udang sedang, kupas kulit, tinggalkan ekornya
2 buah fillet cumi sedang, bersihkan, potong2
50 gr fillet kakap, potong sesuai selera
4 buah jamur hioko kering, rendam air sampai mekar, potong2
2 lembar daun bawang iris 2 cm
6 lembar sawi putih, iris 2 cm
2 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, geprak
2 sdm minyak wijen
2 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 sdm angciu (optional)
garam, merica
200 cc kaldu ayam
2 sdm maizena, cairkan dengan beberapa sendok air untuk mengentalkan.

cara:
1. kucuri semua seafood dengan air jeruk nipis, lalu cuci bersih sebelum dipotong, untuk menghilangkan amisnya.
2. Jerangkan mangkuk sapo di atas api, beri minyak wijen, tumis bawang putihdan jahe sampai kuning dan harum
3. masukkan udang, ikan dan cumi, kecap asin, kecap ikan, angciu, garam danmerica
4. tambahkan kaldu ayam, daun bawang, jamur dan tahu goreng
5. tutup mangkuk, sampai kaldu mendidih
6. masukkan sawi putih dan kentalkan kaldunya dengan maizena.
7. Angkat, sajikan sekaligus bersama mangkuknya.



Bubur Sapo Ayam Cincang

salah satu menu di waktu hujan yang cocok untuk menghangatkan badan.

bahan bubur:
250 gr beras
750 cc kaldu ayam
garam
2 cm jahe, di geprak

Bahan Ayam cincang:
150 gr daging ayam cincang
2 siung bawang putih uleg halus
2 cm jahe, diparut, di ambil airnya
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada
1 sdm maizena
2 sdm kecap asin
1 sdm minyak goreng

Bahan pelengkap
4 siung bawang putih cincang
4 sdm minyak wijen
8 lembar kulit risol, gulung, goreng kering, potong2
1 ikan bayam, di seduh air panas
2 lembar daun bawang iris halus


cara:
- Masak bubur sampai matang sisihkan.

Masak Ayam cincang,
- Aduk dan campur sampai rata, daging ayam cincang, garam, air, jahe, bawang halus, kecap asin, maizena, aduk2 sampai tercampur rata.
- tuang minyak di wajan panas, campurkan daging, aduk2 sampai daging matang sisihkan

Penyelesaian:
- jerangkan mangkuk sapo di kompor, tuang 1 sdm minyak wijen, dan sedikit bawang putih, tumis bawang sampai kuning dan wangi.-
Tuangkan bubur, biarkan sampai bubur meletup letup
- angkat mangkuk dari kompor, beri daging ayam cincang, taburi daun bawang, beri bayam dan kulit risol goreng, tutup mangkuk, sajikan




Xiao long Bao, soup dumpling

Bahan:
Isi:
450 g daging ayam, cincang
150 g udang kupas, cincang
7.6 g garam
11.4 g kaldu ayam bubuk
19 g gula pasir
3.8 g tepung Sang Fen/potato starch
merica bubuk
minyak wijen

Kulit:
150 g tepung Nurcisus/tepung Hongkong
150 g tepung beras Erawan
130 g air
19 g minyak sayur

Jelly:
600 g cakar ayam
600 g air
7.6 g garam
11.4 g kaldu ayam bubuk
19 g gula pasir
Bumbu:
garam, kaldu ayam bubuk, gula, sagu Sang Fen, minyak wijen, merica, jahe cincang dan cuka merah
Cara membuat:
Isi: Aduk semua bahan menjadi satu bersama bumbu. Sisihkan.
Kulit: Aduk semua bahan dan uleni hingga kalis. Diamkan selama 10 menit.
Jelly: Kukus semua bahan menjadi satu sehingga mengental seperti jelly. Simpan dalam freezer.
# Penyelesaian: Ambil 600 g adonan Isi dan 600 g Jelly, aduk jadi satu.
Gilas adonan per 6 g hingga bundar tipis.
# Isi adonan dengan campuran adonan isi. Lipat bagian atasnya hingga rapi.
# Kukus selama 5 menit.
# Sajikan panas.




SATE AYAM BUMBU KETUMBAR

Bahan:
400 gr fillet paha ayam, potong2 seruas jari
1 sdt garam/sesue slera
1 sdm gula merah
¼ sdt merica bubuk
1 sdm air jeruk

Haluskan:
3 siung bawang putih
1 buah cabe merah
2 sdt ketumbar sangrai

Sambal Kecap Kacang, blender jadi satu:

75 ml Kecap manis
75 gr kacang tanah goreng
1 sdm bawang putih goreng
2 sdt air jeruk limau
2 sdt petis udang
50 ml air panas /secukupnya


Cara Membuat:
Aduk potongan ayam, bumbu halus, garam, air jeruk, merica bubuk & gula merah. Diamkan 1 jam ato lebih di kulkas.
Susun di tusuk sate, bakar sampe matang diatas arang saat akan disajikan.
Hidangkan bersama Sambal Kecap Kacang.



Nasi Kebuli
Original Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr beras
600 ml air panas (bisa dipakai kaldu kambing, atau kaldu gulai kambing)
2 sdm minyak samin/margarin
1/8 sdt pala bubuk
4 bh kapulaga
4 btr cengkeh
1 ruas kayu manis
2 btg sereh, memarkan
100 gr kismis/kurma potong dadu

Bumbu halus :

4 btr bawang merah
3 btr bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt lada
½ sdt jintan putih
1 ruas jahe
1 sdm garam

Cara membuat :
Panaskan minyak samin, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan beras, aduk rata hingga beras

hangat, tuangi air panas aduk, masukkan bumbu rempah, dan kismis aduk rata.
Kecilkan api dan biarkan hingga air terserap dan beras menjadi aron.
Kukus selama 20 menit, hingga matang. Angkat sajikan.



Sambal Tumpang

Bahan:
100 gr tempe bosok (tempe yang sudah disimpan 3-4 hari),
250 gr tempe semangit (tempe yang sudah disimpan 2 hari),
500 cc kaldu daging sapi
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih,
4 butir kemiri
4 buah cabai merah
4 lembar daun jeruk,
1 ruas (3 cm) kencur
1 sdt garam atau sesuai selera
1/2 sdt gula pasir
10 buah cabai rawit utuh
1 ruas (2 cm) lengkuas, memarkan
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
750 cc santan dari 1/2 butir kelapa.


Untuk pelengkap:
{150 taoge, 100 gr daun singkong yang telah disiangi, 100 gr kacang
panjang, potong 3 cm} rebus, 50 gr petai cina, Peyek kacang tanah
atau peyek teri.

Cara membuat:
1. Campur kedua macam tempe dengan kaldu, bawang merah, bawang
putih, kemiri, cabai merah, daun jeruk dan kencur, rebus sampai
layu.
2. Angkat isi rebusan tiriskan. Haluskan bawang merah, bawang putih,
cabai, kemiri dan kencur. Kembalikan ke dalam panci rebusan.
Gerus kasar kedua macam tempe, kembalikan ke panci rebusan.
Tambahkan garam, gula pasir, cabai rawit, lengkuas, ketumbar,
dan merica bubuk. Aduk sampai rata.
3. Tuangkan santan, masak sambil diaduk-aduk sampai mengental,
angkat.
4. Hidangkan dengan nasi, sayuran rebus, petai cina dan peyek
kacang.

sambal tumpang bisa di isi dengan :
100 gr krecek, di rendam, di buang air rendamannya
dan atau 10 buah tahu goreng
dan atau 250 gr koyor sapi (urat sapi)



Pepes Ayam
(Ruri)

BAHAN NASI :
2 takaran beras, cuci bersih
air santan sesuai aturan masak nasi di rice cooker (kalo berasnya 2 takar berarti airnya ampe angka 3 di dindingnya rice cooker)
kunyit sekelilingking diparut ambil airnya
daun jeruk iris tipis2
garam secukupnya
daun pisang

BUMBU HALUS :
8 btr bwg merah
4 siung bwg putih
5 bh cabe merah (kalo buat anak-anak gak pake, cukup tomat ajah, kalo buat yang doyan pedessss pake cabe kriting boleh juga)
5 btr kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 bh tomat
garam secukupnya

BAHAN PEPES:
minyak goreng untuk menumis
3 bh paha utuh (atas ampe bawah ya), dibagi 3
18 btr telur puyuh rebus
6 lembar daun salam
6 batang sereh potong ujung atas memarkan
6 ikat daun kemangi
18 buah cabe rawit

CARA MEMBUAT:
Nasi:
- cuci beras bersih kemudian masukkan ke rice cooker
- jangan lupa masukkan air santan secukupnya (seperti masak nasi biasanya)
- masukkan juga daun jeruk-kunyit-garam, icipin ya... jangan ampe kurang asin
- begitu bunyi ceklik langsung angkat nasinya jangan dibiarkan di rice cooker

Ayam:
- tumis bumbu halus sampai matang dan harum, masukkan ayam
- aduk hingga rata, masak ampe bumbu meresap, icipin, kalo kurang asin tambahin garam
- angkat

Pepes:
- didihkan air dalam dandang
- ambil daun susun nasi letakkan ayam-daun kemangi-telur puyuh 3 btr-sereh-cabai rawit 3 bh
- bungkus seperti membungkus pepes, jangan lupa dipadatkan biar pas mateng n mau disajikan
gak buyar
- masak hingga 60-75 menit pokoknya sampai matang
- dengan takaran seperti diatas, kalo aku hasilnya 6 bungkus, itu udah cukup
kenyaaaaannnggggg

psstt....... lebih enak lagi kalo bumbu ayamnya banyak, jadi bikin bumbunya 2x lipat




NASI TIM AYAM Ala INE
====================

Ayam Tumis :
2 sdm minyak wijen, untuk menumis (pakai minyak goreng atau minyak ayam
juga boleh)
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, geprek
500 gr daging ayam, potong dadu 1 cm
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
200 gr jamur merang, belah 4 atau 6 (kalau suka, jamur shitake kering,
agar lebih harum)
100 cc air/kaldu
2 sdm maizena, encerkan dengan sedikit air

Nasi Tim :
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
1 sdm minyak wijen, untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, geprek
1 sdm kecap asin
garam
500 gr beras pulen, cuci, tiriskan
1200 cc air (atau lebih, kalau mau lebih lembut nasinya)

Pelengkap :
tong jay
3 batang daun bawang, iris halus, untuk taburan
sawi rebus

Kuah ayam :
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
1 sdt minyak wijen, untuk menumis
2 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, geprek
1,250 cc kaldu ayam
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara Membuat :
1.. Ayam : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang
putih dan jahe hingga harum, masukkan potongan ayam. Aduk hingga berubah
warna, masukkan kecap asin, kecap manis, kaldu/air dan jamur. Aduk
sebentar (3 menit) sampai jamur layu, tuang larutan maizena, aduk, angkat.
buang jahenya.
2.. Nasi tim : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang
putih dan jahe hingga harum, masukkan kecap asin, garam dan beras.
tuang air/kaldu, aroni hingga kaldu terserap habis. Angkat.
3.. Olesi cetakan nasi tim dengan minyak, taburi sedikit tong jay,
taruh beberapa sendok makan nasi aronan, taruh bebeapa sendok ayam tumis,
tutup dengan nasi aronan. jangan di tekan ya, tuang dan ratakan saja.
4.. Siapkan dandang/langseng, didihkan airnya, masukkan cetakan nasi,
kukus selama 30 menit.
5.. Kuah ayam : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang
putih dan jahe hingga harum, masukkan kaldu, merica bubuk, garam.
6.. Sajikan dengan kuah ayam yang ditaburi dengan irisan daun bawang
dan sawi rebus.





Pindang Iga Palembang
Sumber : Mertua Tercinta

Bahan :
1 kg iga sapi, kalo bisa cari yang banyak tulang mudanya

8 siung bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, iris halus
2 lembar daun salam
1 batang sereh, digeprak
3 cm kunyit, iris halus
3 cm jahe, iris halus
3 cm laos, iris halus
2 sdm air asam jawa dari ± 3 mata asam jawa
3 buah cabe merah, belah 2 boleh dibuang bijinya
3 buah cabe ijo, belah 2 boleh dibuang bijinya
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
garam secukupnya
1 ikat daun kemangi, petiki
1 batang daun bawang, potong-potong
1 buah tomat, potong 8

caranya:
- didihkan air didalam panci secukupnya sampai kira-kira iga
sapi terendam semua
- setelah mendidih, masukkan iga sapi, bawang merah, bawang
putih, salam, sere, laos, kunyit, jahe, masak sampai iga empuk
- masukkan air asem jawa, kecap manis, kecap asin, garam
- masukkan cabe merah dan cabe ijo, didihkan lagi
- sesaat sebelum dihidangkan, masukkan tomat, kemangi dan daun
bawang
- hidangkan panas-panas

tips : kalo mau cepet, bisa juga iga plus bumbu dipresto, tapi cabe
masuk setelah iga selese dipresto ajah

Tekwan

Ikannya 1 Kg (biasanya tenggiri), sagu 300 Gr, putih telor 3 bt, kasih
air
es secukupnya, garam secukupnya, diuleni sampe semuanya tercampur,
dibentuk
aja pake sendok atau tangan (adonannya gak kalis), dicemplungin deh ke
air
yang sudah mendidih.
Insya Allah tekwannya enak banget.

2 Comments:

At 7:02 AM, Blogger novala said...

komplit banget nich resepnya,,,,,bisa aku coba2 dirumah deh....makasih ya mbak,,,klo ada menu baru diposting ya,,,,satu lagi,,,,,kasih picnya dunk,biar aku bisa lihat hasil nya..
thanks salam kenal....

 
At 7:06 AM, Blogger Estherlita said...

Salam kenal juga.
Lha ini kan resep orang, gimana mau kasih jadinya ? nyoba ajah engga.

kalau mau lihat hasilnya dapurnya bunda, bisa dilihat di :
http://dezkitchen2008.blogspot.com
disitu komplit dengan fotonya, bahkan ada menu bulanan segala di
whta's cooking (lihat link kanan)

salam hangat :
bunda Estherlita.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home